REGENERASI SEKOLAH DASAR

Banyak ibu yang siap menghantarkan anaknya ke sekolah. Kondisi bagaimana pun sanggup ditempuh agar anak bisa berangkat ke sekolah. Kalau panas mah biasa banget,  karena hujan deras menghadang pun bisa dilalui sekalipun campur dengan sambar geledek. Para perempuan selalu jagoan dan terdepan di jalanan,  kata suami. Asal sudah bisa naik motor, maju terus, aturan belakangan,  kalau disenggol sedikit saja, bisa kacau,  kalau sudah nabrak,  sedihnya minta ampun, mana ada yang tega melawan ibu-ibu,  memang kita lahir dari cowok. Begitu pendapat beberapa orang yang saya tau. Soal berapa jumlah kocek yang keluar untuk antar jemput sekolah anak itu tergantung,  tapi rata-rata ibu nalurinya tajam,  selalu faham bagaimana bisa irit,  murah dan aman,  ini salah satu keahlian para emak-emak yang tidak bisa di pungkiri.

Ketika sekolah bernilai sangat sakral,  sampai-sampai para kalangan menengah atas rela merogoh tabungannya jutaan rupiah,  dan saya pernah terperangah, dengar dari atasan saya dulu,  cucunya daftar masuk SD seharga 3 atau 4 motor bebek metik saya 2009 itu, yang seharusnya bisa buat DP mobil. Saya duluan mikir "oh...my god,  cemana anak beta nanti?" Bayar SPP nya berapa itu ya tiap bulan atau per-semesternya, berapa lagi. Amboi... kalau ekskulnya, fieldtripnya,  study tournya. Mehong bener. 

Rupanya harga sekolah Internasional berbeda dari harga sekolah bilingual setaraf SD nasional plus,  beda lagi dengan SDIT plus,  beda lagi dengan SDIT ga pakai plus, beda lagi SD swasta milik indo asli, keturuanan atau tionghoa, SD swasta di kampung-kampung atau di kota juga beda tarifnya. Ada juga Sekolah Alam, pesantren pun beragam, sampai sekolah negeri milik pemerintah dengan label percontohan atau tidak. Mau harga yang mana,  cek kantong sendiri, lihat brosur dan cakapnya jual kelebihan apa, fasilitasnya, agak di survei dan tunaikan,  jom pilih sekolah dengan kemampuan bapak ibunya. 

Waktu masih remaja belia (enak disebut daripada gadis atau lajang), urusan berapa harga uang sekolah sampai kuliah, orangtua yang pikirin,  kita hanya bantu bagaimana mereka tetap bahagia membiayai,  meski kadang gajian papa cuma nyerempet dompet mama habis itu menguap tiap awal bulan demi biaya pendidikan kita. Mereka tetap sumringah,  karena tidak harus menghadapi kenakalan remaja, papa mama saya berhasil jauhin kita dari seks bebas, rokok dan narkoba. Siapa yang berani bolos,  mata-mata papa ada dimana-mana,  koq bisa tau itu saya kena marah gara-gara ngobrol pas belajar geografi waktu SMP. Abang saya ketahuan pulang sekolah main bola katanya mau latihan buat lomba padahal taruhan. Adek laki-laki saya ketahuan mandi sungai pulang sekolah,  adek perempuan saya ketahuan duduk-duduk santai minum milkshake katanya les berenang padahal haid. Ada yang ketahuan latihan paskibra sampai pulang maghrib, ga tahunya uda pulang dari sore. Ada yang malas pergi ke TPA buat taraweh dan tadarus,  katanya ke mesjid padahal main mercon sama tebar pesona. Ada yang ketahuan main video game (PS dan game online kalau sekarang) katanya praktikum dari sekolah padahal jadwal ditukar minggu depan. Ada yang latihan basket sampai jam 8 malam,  katanya buat jadi tim sekolah padahal biar di bilang keren. Ada yang telat bayarin uang sekolah,  dipake dulu buat nraktir ulang tahun. Ngerih la, ada saja guru, orang kantin,  satpam,  tetangga,  dan teman yang jadi sumber informasi. 

Dan bagaimana dengan orangtua yang sudah mahal-mahal mengeluarkan biaya pendidikan yg ajib banget, eh...anaknya nambahin saldo keluar terus, bobol tabungan ayahnya jago banget,  bikin ibu naik pitam sampai jantung itu sport terus. Sesak nafas la bu dengar ortunya bilang gini, "kamu sekolah atau shoping sih,  habis terus duit buat kamu, sekolah koq dandan terus". Ada ibunya teman saya kalau ngomel bilang begini,  "kamu ya,  mending mama beli lembu deh daripada sekolahin kamu, dipiara bisa dijual, nah kamu, digede'in ga ngerti,  disekolahin biar pinter,  ini kamu bohongin mama terus,  pinter kamu buat belajar bohong gitu, bisanya ngabisin duit az." Asli kedengeran pas kita mengantar surat cinta dari kepala sekolah. 

Begitu jadi mahasiswa saya berpikir terus bagaimana biar mama papa ga kecewa dengan sekolah saya, sesuatu terjadi ketika pilihan jurusan perguruan tinggi itu berbeda dengan harapan mama. Saya ekstra usaha,  papa eksis di belakang layar membantu putri keduanya,  tapi hepeng itu dikasi ngepas, muka mama dikasi manyun, uang jajan tiada, itu nantang banget. Remaja belum punya KTP waktu itu, ukuran badan kecil kerempeng (untung berhijab jadi ketutupan berat ga sampai 40 kilo), petugas pendaftaran sampai lihat akte lahir saya 2x terus ketawa bilang, "dek,  umur berapa kau masuk SD?" Biar pernah melawan arus dan belagak jagoan waktu itu, saya yakin memang tidak sedang "goblok". Kerja keras saya berbuah kebanggaan, waktu tamat ada diurutan 3 teratas,  kampus kecil memang,  IPK cumluade,  bukan pengangguran meski gajinya kecil,  tapi sayang lulus cepat nikah tetap aja luama. 19 ke 25 tahun itu ngapain aja? 

Dan dari semua perjalanan hidup tentang sekolah itu,  saya memiliki pemikiran baru. Sekolah itu penting,  kita dinilai dari situ,  kita berhasil dari situ,  gagal juga dari situ, dan satu hal yang pasti pekerjaan pun dimulai dari situ. Apa sesuai dengan major atau tidak, tapi sekolah mengantarkan kita pada ekspedisi kehidupan berikutnya,  ya... pasangan hidup ketemu di mana? 

Sekolah memiliki serba serbinya sendiri,  darinya kita punya pengalaman hidup,  darinya juga kita banyak dicekoki informasi sampah yang belum tentu bisa dipakai seumur hidup tapi dipelajari mati-matian,  sampai-sampai rasanya kepala saya kayak digetok palu gara-gara bahasa mandarin. Amboi...rumitnya menulis huruf-huruf ini,  mesti berurutan lagi goresnya,  mengucapkannya, masyaAllah lidah yang doyan telur dadar ini gemes dibuatnya. Sebelnya ini melebihi ujian mendadak. Disitu pas banget ga ada persiapan. Terima nasib dikatai guru,  kamu belajar yang rajin ya,  padahal tiap hari meja belajar jadi temen saya nulis di buku kotak-kotak,  udah mirip anak TK belajar nulis. Tulisan saya bagus, tapi pengucapan itu payahnya. Untung ada serial film taiwan meteor garden, jadi lulus ujian. 

Dari sekolah juga kita dipenuhi banyak hikmah,  siapa yang taubat pas kuliah? (Cung your hands mom...). Siapa yang banyak menemukan sabahatnya yang kental, yang berani melawan arus,  yang tangguh jadi relawan,  yang kepalanya ditimpuk karena ikutan demo,  yang mikirin negara ini saat hati dilucuti emosi karena korupsi,  yang menemukan arti hidup sebenarnya (seeehhhhh....), yang menemukan jati dirinya (apalagi ini), yang menempuh jalan dakwah, yang tetiba berhijab selebar mukenah (saya pun...). Oh... masa SMA dan kuliah itu handal banget membuat hidup jadi terasa. 

Balik ke jaman SD,  pernah hidup ayah ibu terasa diambil karena sekolah?  Pernah waktu bermain dijebak jam-jam mengerjakan PR. Pernah berasa males banget berangkat sekolah, badan ini serasa dipaksa padahal yang diharapkan jangan pernah ketemu guru itu lagi,  hujan dan badai bukan alasan untuk absen,  sakit sedikit dilarang mengeluh yang penting jangan sampai alpa. Bagaimana masa SD itu mengajari mulai berbohong,  belum lagi di bully,  dera dan siksa (drama apa ini), mbolos,  belajar kerapian kebersihan dan belajar nyuci atau semir sepatu. Ya Allah, main guli (gundu atau kelereng), karet (lompat tali), gobak sodor,  engklek,  kuaci (apa ya bahasa di daerah lain untuk mainan yang dicetak ada jempolnya, ada gajah,  udang,  pingpong,  ikan,  bisa diberdirikan kalau main di tanah, dilantai mesti pakai kapur tulis atau batu bata dipecahin buat menggaris batasnya waktu dilemparkan ke lawan), main patok lele, alip cendong (main sembunyi prancis), belum lagi cerita jajanan,  tapi semua buyar hanya karena besok harus sekolah dan harus ngerjai PR. Mama tu serasa ditugasin buat merepet (ngomel kayak siaran radio) aja. Salah melulu, kalau disuruh cari sesuatu ga pernah ketemu,  yang ada dibilangin macem-macem,  mulai dari "matamu dimana dek?", atau "cari pakai mata sama tangan,  bukan mulut", atau parahnya lagi, "kalau ada ular di situ uda dipatoknyalah kau nak...nak...". 

Kalau uda nada tinggi mengalahkan mariah carey,  whitney houston,  dan seolah mirip rapper handal, pertanyaan balik akan kita dapatkan "kuping dimana kuping, apa ga dengar mama bilang disini". Dengar memang tapi susahnya ketemu barang yang dicari itu semacam kutukan. Entahlah.. belum lagi harapan bangun pagi,  oh jam mundur bentar,  ngantuk ya Allah. Dan hari minggu ga perlu dibangunin,  karena banyak banget kartun di TV,  mata melotot enak-enak eh..dapat panggilan,  bersihin sepatu, bantu jemur baju,  belajar cuci piring. Maka harapan utama adalah,  "pa...jalan-jalan yok,  kemana kek...". 

Anak SD sudah butuh refreshing sejak dahulu kala. Saya berasumsi,  tekanan masa sekolah menyebabkan kita terpuruk untuk sekedar dapat hiburan kecil. Walaupun ketika sampai di sekolah bisa enjoy, gurunya mood baik,  teman-teman main,  surganya jajanan,  tetapi sekolah menciprati anak bermacam-macam informasi,  banyak sampah, jadi begitu sampai di rumah rasanya capek banget. Tanpa sadar guru dan orangtua menjejali anak-anak dengan memori yang tak semua indah,  menciptakan karakter yang berlawanan dari harapan orangtua. Meski masa SD membuat anak belajar banyak hal soal kemandirian, namun justru rumah (bukan sekolah)  menjadi tempat belajar yang diharapkan bersama ayah,  ibu dan saudara. Itu saya,  rumah menjadi pelabuhan terbaik bagi saya,  ada banyak keistimewaan disana. Darimana dan mau kemana pun, selalu ingin pulang. 

Saya serius pada bagian ini, saya tidak mengharapkan anak-anak memperoleh informasi sampah sebelum dia siap memfilter apapun. Menanamkan konsep diri,  mengenalkan potensinya,  mengajarkan tatanan nilai,  aqidah dan tauhid,  ini masa yang baik dilakukan dirumah,  bukan di sekolah untuk usia SD. Anak beroleh informasi terhandal dari kepala sekolah dan gurunya,  yakni ayah dan ibunya, lalu yang lain bergilir menambahi apa yang dia butuhkan,  kita pilihkan yang terbaik dan sesuai usia. 

Usia SD tidak bisa main-main menitipkan ke sekolah tanpa kemampuan handle yang baik dan maksimal. Ketika ibunya bekerja,  ada pikiran dimana anak merasa dititipkan, yang menambah sedih adalah pada tempat yang tidak dia inginkan,  ini membentuk karakter anak yang kelak mungkin menambah daftar masalah orangtua di masa depan. 

Membersamai anak dimasa pra sekolah dan sekolah,  terutama SD sampai menjelang baligh itu penting. Bersama suami,  seorang ibu semakin tangguh dalam menanggungjawabi masalah pengasuhan dan pendidikan buah hati. Bagaimana menjadi orangtua yang diharapkan, itu jauh lebih penting dari pada menjadi orangtua yang mampu secara materi. Ayah dan ibu yang mampu menjadi teman anak-anaknya sampai menjelang mereka dewasa,  kelak akan kembali untuk cerita, bertanya,  berbagi,  berkirim sesuatu,  tanggap dan siap untuk kembali merawat usia renta orangtuanya. Uang menjamin biaya pendidikan anak-anak,  namun bukan hasilnya. 

Allah tempat segalanya. Berniagalah padaNya,  anak-anak yang memiliki orangtua sangat dekat dengan TuhanNya,  juga akan menempuh cinta yang sama. Terutama ibunya. Ibu berkelakuan baik (kayak ada sertifikat SKBB dari kepolisian ya), memahami potensi anaknya,  santun pada suami, berbakti pada orangtua, insyaAllah ganjarannya memberatkan jumlah pahalanya. Allah akan memudahkan segala urusannya sebagai ibu dan istri sekaligus anak solehah. Anak dari ibu seperti itu bisa diharapkan menjadi penolong nantinya kalau sudah mati dan ke"hafizh"annya kelak akan berbuah jannah bersama sekeluarga. 

Kita berusaha belajar menjadi ibu yang baik, ini jauh lebih susah daripada menjadi pelajar yang baik,  lebih susah lagi menempuh perjalanan menjadi amar'atushhsolihah (wanita solehah). Susah karena belajarnya sudah baligh, tidak ditempa sejak dini dengan ilmu agama,  meski lulus iqro usia 4 tahun, belajar mengaji yang lama,  tapi menjadikan Al-quran sebagai landasan dan pedoman hidup itu ketemu di usia baligh, itu beda hasilnya.  Mestinya pijakan itu mantab diusia SD. BENAR tidaknya coba pikirkan kembali kejadian di usia SD kita,  sudahkah kita mantab pada ilmu agama sendiri? 

Pada bagian ini belajar ilmu agama bukan gerangan ingin menjadi ustadz, atau ustadzah. Bukan ingin sekolah ke kairo atau madinah dan mekah. Bukan juga bercita-cita jadi ulama,  bukan. Tapi mantab menjadikan diri memenuhi aspek rukun iman dan rukun Islam itu penting. Karakter sebagai muslim penting dibangun sejak dini, disiplin dan jujur itu menjadi angka kecukupan gizi iman anak. Sehingga sekalipun anak dalam kondisi "goblok" dia bisa menggunakan kompas yang sudah dibuat melekat pada diri anak. Sadar akan dirinya, sadar akan kesalahannya,  sadar akan masa depannya. 

Tampilan adab yang benar dan akhlakul karimah ini etalase yang harus nampak pada diri ayah bundanya. Pada siapa anak mencontoh,  dari mana ilmunya anak bisa melabeli salah dan benar, bagaimana anak bisa berasumsi, pengetahuan seperti apa yang bisa menambah dan membuka wawasannya. 

Usia SD ini luar biasa. Saya bukan ahli parenting, hanya berkaca dari pengalaman,  bercermin dari mereka yang jagonya,  membaca referensi yang mencukupkan tulisan ini dibuat,  banyak melihat dan mendengar, mudah-mudahan ini bukan seperti sok tahu. Regenerasi pada usia sekolah dasar ini jangan amburadul. Harapannya saya selalu ingat ini reminder penting bagi kami. Saya akan selalu ingat bagaimana suami bercerita,  sejak masuk SD dia sudah mengurus sarapan sendiri, belum subuh sudah ke pajak (pasar) menemani mertua saya belanja buat keperluan warung nasinya dulu. Umur segitu saya masih disuapin. Duuuhh...

Anak-anak terpikirkan menjalani status homeshooler bukan karena sembarang alasan,  bukan juga keakuan,  bukan karena pesimis pada sekolah dan pemerintah. Saya dan suami memahami ada sesuatu yang istimewa di rumah, yang membuat saya mau bekerja di dalamnya,  yang membuat kami bersiap-siap,  yang menjadi penyejuk darimana pun tiba, menjadi tempat pulang,  yang nanti dirindukan kalau anak-anak sudah memutuskan siap pergi dari saya dan abinya. 

Sekolah dan rumah itu tidak sama sebagai tempat belajar. Kewajiban kita itu belajar bukan sekolah, dan belajar tidak hanya di sekolah,  rumah menjadi bisa pusat segala aktifitas belajar,  itu menurut prinsip kami. Dan anak SD yang tidak suka di rumah,  coba di cek,  mungkin aja panas,  pengab dan bikin sesak nafas,  perhatikan fentilasinya yuk... Siapa tau ayah ibu lupa buka jendela. 

Selamat berselancar ayah ibu,  jangan lupa berenang (duuhh...habis minum air segelas rasanya pengen jebur ke kolam).

Semoga bermanfaat.

Ummuzaid,  Medan kota kelahiran
Helvetia, 17 september 2017.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bukan Seperti yang Kamu Pikir

Sabun Cuci Muka Berjerawat

Sabun Ummuzaid