MALAS ITU GA BAIK

Awalnya mikir bagaimana anak suka dengan aktifitas sholat. Dari mulai abang mikirnya itu lama,  sehari bisa bolak balik solat lagi solat lagi,  dan sedapnya lagi,  rakaatnya beda2, katanya mau dua az biar enak.

Ini anak usia 5 tahun lebih 5 bulan, mau solat kalo moodnya bagus. Jadi menciptakan mood yang ajib jadi PR umminya. Nemu logika solat itu harus masih belum kelar. apa dia mencintai aktifitas ini? Ya,  pasti. Zaid ciptaan Allah,  pasti mencintai penciptanya karena seluruh diri berisi ruhnya masih sangat polos, jauh dari disebut sesat. Saya dan zaid pernah terbangun bersama jam 3.30 pagi, Zaid ikutan wudhu, tahajud, kami ngobrol dan mengulang surat al-fatihah, sampai jelang subuh kami jamaahan lagi. Lanjut cerita lagi, dengerin murottal juga,  mengulang2 doa harian,  sampai matahari terbit,  kami lari, sungguh aktifitas sehat seorang muslim.

Bagaimana kalau magrib sekalipun manyun solat masih enak,  bagaimana kalo ashar,  lagi main,  dipanggil azhan, keki dan kalap, mikir betul saya caranya. Tp yang namanya baru lulus balita,  mamak memang harus berjuang menemukan strategi, kadang lolos ashar, bangun subuh kendor, tempat tinggal baru,  tidur tepat waktu,  eh..subuh puayah nian.

Sebagai ibu dan gurunya terus rajin cari akal (bukan ngakalin). Habis Isya tadi malam kami ngobrol. Inilah percakapannya.
Ummi (U)  : abang anak ga sih?

Abang (A) : iya mi,  abang kan anak ummi. Kenapa?

U : masak sih anak?

A :  iya la ummi ni pun abang kan anak-anak memang

U : kalau anak enaknya ngapain?

A :  ya main, kenapa?

U : umminya enaknya ngapain?

A : enaknya ummi apa?

U : enaknya anaknya patuh,  kan birrul walidain

A : patuh itu kekmana mi?

U : kayak ummi minta tolong,  anaknya nolongin,  kayak disuruh mandi, ya mandi ga lama-lama. Kayak abang yang suka bantu ummi.

A : o...iya abang patuh sm ummi. Terus ummi..

U : hmm... abang tau enaknya Allah diapain?

A : ga tau?

U : ya dipatuhin juga, macem gini, Allah seneng ni sm kita kalo rajin bolak balik solat.

A : kenapa gitu?

U : karena Allah suka kalo kita bikin yang dia suruh. Solat la utama,  kan uda jadi orang Islam.

A : iya la mi, memang kita solat biar apa mi?

U : biar tambah sayang, kalo Allah uda sayang, mau apa az dapet. Dikasi.

A : itu kan ummi,  orang yang tukang panjat pinang,  dia naek ke atas sampe badannya itam2, terus dia dapat AC, duit,  sepeda,  banyak,  kan bisa gitu, kenapa mi?  Mana Allah kasi

U : memang kaki sm tangannya siapa yg kasi makanya dia bisa manjat gitu?

A :  Allah,  iya ya.. Tapi solat itu kan lama, banyak kali,  capek abang.

U : terus ummi sm abi,  cemana?

A : ummi kan uda besar abang masih anak-anak,  kalah la sm ummi.

U : O...gitu. kalo uda besar rajin solatnya?

A : iya la

U : yakin,  nanti malas juga kekmana.

A : Iya janji abang

U : memang bisa langsung pande rajin solat gt?

A : iya la kan diajarin ummi.

U : nah..mulai bsok kita rajin solat biar abang cepet besar

A : loh

U : iya,  kalo tiba2 ummi mati abang belum pande belum sempat diajari cemana?

A : ummi jangan mati la.

U : kita kita hidup, pasti mati la, cuma ga tau az kapan.

A : koq ummi ga tau?

U : karena mati bukan kerjaan ummi,  bukan disuruh Allah ummi ngurusin mati

A : jadi

U : kita ni cuma disuruh kasi banyak-banyak bikin kerjaan yg baik-baik,  kerjakan yang bagus-bagus,  terus patuh sm yg disuruh Allah,  tak boleh kerjakan yg buruk dosa-dosa itu.

A : kenapa?

U : supaya kalo mati nanti ga bedosa banyak-banyak,  kan banyak dosa dimasukin ke neraka,  abang mau mati,  abis tu dimasukin neraka?

A : ga mau

U : nah...tau ga mu. Jadi bsok rajin kita belajar?

A : belajar itu ga enak ummi? Kita main-main az.

U : kita main-main memang,  sambil belajar.

A : ga kayak sekolah itu kan mi, capek abang nulis.

U : iya nak, ummi yg salah, harusnya abang main az,  sambil belajar jadi ga capek.

A :  iya mi,  kalo gitu abang suka,  abang maunya belajar sm ummi.

U :  ok. Bobok kita ya,  baca doa dulu ya.

A :  a 'uu zhubillah.....


Ada beberapa item yang saya catat sangat penting.

1. Anak-anak berpikir dengan cara anak-anak,  sungguh mereka sangat serius terhadap sesuatu,  apapun. Semua yang melatih mereka berpikir,  bahasa yang baru didapat,  kebiasaan yang menjadi tanda tanya, yang baru dilihat, semuanya. Jadi mari berimajinasi kalo kamu ortunya,  masuk ke dunia fantasi,  banyak hal terbaik yang bisa di dapat dengan masuk ke dunianya,  sehingga jauh lebih dimengerti,  bahasanya dicari yang pas,  dan anak terus menggali dari anda.

2. Anak-anak faham tugasnya bermain,  jobdesk baru akan menimbulkan sesuatu yang baru, bisa bikin senang atau susah hati ibunya. Jadi hati-hati mereferensikan sesuatu pada anak,  ini penting karena apapun yang dia kerjakan,  berdampak pada asumsinya terhadap ssesuatu. Disini saya sangat mencederai makna belajar dalam isi kepalanya,  sebab dia pernah bersekolah,  sebab saya mengajarkan menulis waktu itu. Kesiapan sangat penting,  anak akan berpola pada pencapaiannya. Kalau siap dia fun,  kalau gantung mirip cegukan, gpp,  tapi ga enak.

3. MENGAJARKAN apapun benar sekali,  harus menumbuhkan cinta dulu. Rasa senang, menyukai dan bisa luwes di akalnya yang masih belum seberapa, itu penting.  Dan kehati-hatian kita pada belajar tauhid ini mesti fix,  lurus. Kalau mentah, hajab, anak pun bingung,  why nya banyak, kalau ga terjawab why itu sampai dewasa,  ditambah males ngilmu,  sesat. Kayak ngadon kue sembarangan,  berharap kalis yang ada lengket terus. Belajar jadi orangtua penting,  tapi belajar sebelum menikah jauh lebih penting. Kepo parenting jangan pas uda beranak az, jadi buat yang sekarang jadi mahmud,  yok..baligh nya anak-anak dicekokin parenting biar ga takut nikah. #wallahu 'alam. Jangan mikir cari mantu perempuan yang jago jadi ibu super, dapatnya mantu ga pinter masak, jadi suka ribut,  eh...kita tenang-tenang aja, pas anak laki kita ga bisa jadi imam yang beneran. Atau siapin cari mantu laki soleh, anak perempuan kita nyuci daleman nyuruh bibinya,  ganti sprei pun payah. Kaus kaki letak sembarangan. #mikirjugasaya.

4. ketika mengajarkan solat, kita yang ortu ini pasti pernah ketemu masa "goblok" kata iwan fals, cobalah cari lagu mata indah bola pingpong,  "mungkin sedang goblok...". Nah,  asli saya mikirnya biar  diajarin ilmu agama sekarang, supaya pas kalo lagi goblok,  nyarinya Allah bukan tuhan yang lain,  ntah nunggu wangsit di kamar mandi, cari ilham di tempat sepi,  curhat pulak di media sosial,  jangan sampai,  erek-erek sama mimpi jadi inspirasi.
Nah..matematika algoritma,  aljabar,  bahasa sastra,  ilmu ekonomi,  manajamen,  fisika,  kimia,  hukum,  tata negara,  kepakainya,  sekali-sekali, seperlunya dan semampunya,  tapi ilmu agama dipake tiap hari,  sampai mati, dan tinggi pulak harganya di yaumil akhir,  tukerannya yang mahal,  dan kelebihannya ga bisa di pungkiri. Jadi mana yang penting,  calistung dulu,  apa taharah dan solatnya?

5. Yang bisa diandalkan ibu adalah bondingnya, ketika itu bekerja,  dia bisa meretas semua digit yang jumlah nolnya banyak banget di belakang. Kita,  butuh membangun itu saat mereka direncanakan dengan bapaknya,  saat siap Rahim itu jadi amalan berikutnya. Terus mereka bisa berjalan sendiri,  makan dan mandi sendiri. Kalau mereka ketemu kita pas pulang kerja dan bobok malam,  pagi dianterin ke sekolah,  belajarlah membangun bonding, saya ga tau caranya,  karena pasti lebih lengket kalau emaknya 24 jam ready depan mata sampai mereka siap keluar dari rumahnya. Saya kepingin bisa bekerja dan kuliah lagi,  tapi ga tau caranya membangun bonding dengan mereka ketika di luar rumah. Saya selalu salut dengan ibu yang keren banyak sambilannya, tapi anak ke handle maksimal.

Nah... saya mikir cuma sampai disitu, barangkali komentarnya bisa menambah sesuatu yang penting untuk pengetahuan saya. Sedari mula saya menulis,  semoga tidak ada apa-apa dengan tulisan ini,  sekiranya saya butuh sokongan,  jom pinjem ganjelan pintu biarvudara segar terus membuka wawasan dan pikiran.

Seperti yg baru-baru ini, Alhamdulillah wa syukurillah,  Allah maha baik, biar target ada belum tercapai,  tapi selalu Allah tancapkan ilmu baru disanubari anak-anak kita. Kenapa?  Berkat rahmat Allah sehingga abinya bisa menyajikan fasilitas yang nyaman,  sudah 3 malam abang zaid dan abang hanan,  tidur hanya berdua sekamar,  beda kasur dan selimut. katanya sih lambat, usia 5 dan 4 tahun baru pisah tidurnya. Tapi nyatanya mereka memang baru siap, tidak banyak komplain,  dihadapi seperti tidak ada perubahan dan masalah. Enak banget prosesnya. Allah memudahkan segala urusan pada segala sesuatu yang kita butuhkan. Cuma memang kadang sya ga ngerti timingnya. Semoga makin rajin belajar. Malas itu ga baik,  kata Zaid malas itu ga bagus. Tau?

Ummu zaid
PR menulis, Helvetia,  16 oktober 2017,  dini hari.
(Ga pakai edit, matanya perih tengkuknya pegel, PC menolak internet, capek juga ngetik di tab ).
Jazakillah khairan bunda khalil,  ngajak menulisnya keren. Jayalah HSMN Medan.











Komentar

  1. Super sekali...
    Ah gak gak..
    ULtra sekali...
    mnrt teman dari german, ultra itu d atas super lagi .. 😍 kiss n hug untuk abang ...

    BalasHapus
  2. MasyaAllah abang, sholeh sekali, dapat salam dari Dek Khalil ^^

    BalasHapus
  3. Sampe ketemu di play date dek khalil, insyaAllah..

    BalasHapus
  4. Kereeen.. T..o.. p.. bang zaid dan ummu 😍😍😍

    BalasHapus
  5. Nice article bun...
    Praktekkin aaah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bukan Seperti yang Kamu Pikir

Sabun Cuci Muka Berjerawat

Sabun Ummuzaid